EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SIMRS PADA PETUGAS ADMINISTRASI MEDIS RSPAL dr.RAMELAN SURABAYA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

DIRGANTARA, MATEUS PANGKUR (2024) EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SIMRS PADA PETUGAS ADMINISTRASI MEDIS RSPAL dr.RAMELAN SURABAYA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[thumbnail of skripsi_Mateus P_2050007 - Mateus Pangkur Dirgantara (1).pdf] Text
skripsi_Mateus P_2050007 - Mateus Pangkur Dirgantara (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada penggunaan SIMRS dengan keluhan jaringan internet yang kurang memadai, komponen teknologi belum berfungsi secara optimal, dan sistem tidak memenuhi kebutuhan pengguna. Gangguan pada SIMRS bisa berakibat pada terganggunya pelayanan di rumah sakit. Setelah mengimplementasikan SIMRS, hal yang penting untuk dilakukan rumah sakit adalah melakukan evaluasi atau penilaian untuk mengukur kesuksesan sistem informasi tersebut, Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan tersebut adalah kepuasan dari pengguna sistem informasi. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan pengguna dengan metode EUCS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. populasi pada penelitian ini adalah petugas administrasi medis berjumlah 39 orang. teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah responden sebesar 36 orang. Hasil penelitian variabel content menunjukkan pengguna SIMRS yang merasa kurang puas sebesar 21 (58,3%), Hasil penelitian variabel format menunjukkan pengguna SIMRS yang merasa kurang puas sebesar 28 (77,8%), variabel accuracy menunjukkan pengguna SIMRS yang merasa kurang puas sebesar 30(83,3%), variabel timeliness menunjukkan pengguna SIMRS yang merasa kurang puas sebesar 31(100%), variabel ease of use menunjukkan pengguna SIMRS yang merasa kurang puas sebesar 33(91,7%). Variabel yang berhubungan dengan kepuasan pengguna SIMRS meliputi: Content (≤0,05), format(≤0,05), accuracy(≤0,05), timeliness (≤0,05), sedangkan yang tidak berhubungan dengan kepuasan pengguna SIMRS adalah variabel ease of use. Implikasi dari penelitian ini adalah RS perlu menambahkan fitur notifikasi untuk memudahkan pengguna saat adanya data pasien yang kurang lengkap dan untuk meningkatkan kepuasan petugas administrasi medis dalam menggunakan SIMRS. Kata kunci: EUCS, SIMRS, Kepuasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Nadya Okhtiary
Date Deposited: 07 May 2025 01:24
Last Modified: 07 May 2025 01:24
URI: https://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item View Item