ABUSIRI, ABUSIRI (2022) PENGARUH HEALTH EDUCATION TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG LITERATURE REVIEW. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
abusiri 1610001 skripsi literature riview-4.docx Download (2MB) |
Abstract
Introduction : Kurangnya informasi terkait Gagal Jantung menyebabkan kualitas hidup penderitanya mengalami penurunan. Pemberian edukasi kesehatan merupakan satu diantara intervensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pada pasien gagal jantung. Methods : Literatur ini diawali dengan mencari 3 database (Proquest, Scient Direct dan google scholar) Kata kunci dalam literature review ini disesuaikan dengan Medical Subject Heading (MeSH) untuk studi menggunakan Cross Sectional dan studi kualitatif yang diterbitkan antara tahun 2010-2020. Results : Literature Review ini menemukan sepuluh studi yang memenuhi kriteria inklusi. Secara signifikan edukasi kesehatan berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien gagal yang dapat meningkatkan pengetahuan dan perawatan diri pasien gagal jantung sebagian besar studi kualitatif atau dengan metode wawancara. Jumlah peserta rata-rata mulai dari puluhan hingga ratusan. Conclusion : Dari 10 artikel yang analisis secara keseluruhan terdapat pengaruh edukasi kesehatan terhadap sikap pasien gagal jantung dalam meingkatkan kualitas hidup, sehingga bagi petugas kesehatan diharapkan dapat membantu meningkatkan dukungan bagi pasien pasien gagal jantung. Literature Review ini berimplikasi terhadap praktik keperawatan, memberikan edukasi terstruktur kepada pasien sedini mungkin saat masuk rumah sakit dan menjadikan sebagai intervensi keperawatan dan memodifikasi sistem edukasi kesehatan. Kata Kunci : Health Education, Health Related Quality of Life, heart failure
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 01:24 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 01:24 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/642 |
Actions (login required)
View Item |