GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TENTANG PROGRAM KIE DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RSPAL dr. RAMELAN SURABAYA

Eddy, Prabowo (2024) GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TENTANG PROGRAM KIE DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RSPAL dr. RAMELAN SURABAYA. Other thesis, Stikes Hang Tuah Surabaya.

[img] Text
EDDY PRABOWO - REV 2 AKHIR -1.docx

Download (1MB)

Abstract

Pasien/keluarga memiliki emosi yang tinggi ketika dirawat di Intensive Care Unit (ICU), sehingga rawan ketidakpuasan pada keluarga pasien. Pemberian KIE sangat penting bagi pasien agar pasien dapat memahami dan meningkatkan kepatuhan untuk memperoleh terapi yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan keluarga pasien tentang program KIE di ruang Intensive Care Unit RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampling penelitian ini menggunakan simple random sampling, populasi berjumlah 140 keluarga pasien yang di rawat di Ruang ICU RSPAL dr. Ramelan Surabaya, dan sampel berjumlah 104 orang. Teknik analisis datanya menggunakan uji Distribusi Frekuensi. Kepuasan pasien pada indikator Daya Tanggap, hampir setengah responden sangat puas yaitu sebanyak 48 orang (46,2%), 28 orang (26,9%) tidak puas, 25 orang (24,0%) puas, dan yang sangat tidak puas sebanyak 3 orang (2,9%). Kepuasan pasien pada indikator Keandalan, hampir setengah responden sangat puas yaitu sebanyak 40 orang (38,5%), 33 orang (31,7%) tidak puas, 29 orang (27,9%) puas, dan yang sangat tidak puas sebanyak 2 orang (1,9%). Kepuasan pasien pada indikator Jaminan, hampir setengah responden sangat puas yaitu sebanyak 45 orang (43,3%), 30 orang (28,8%) puas, 28 orang (26,1%) tidak puas, dan yang sangat tidak puas sebanyak 1 orang (1,0%). Kepuasan pasien pada indikator Empati, hampir setengah responden sangat puas yaitu sebanyak 37 orang (35,6%), 36 orang (34,6%) puas, 30 orang (28,8%) tidak puas, dan yang sangat tidak puas sebanyak 2 orang (1,9%). Kepuasan pasien pada indikator Bukti Fisik, hampir setengah responden sangat puas yaitu sebanyak 38 orang (36,5%), 34 orang (32,7%) puas, 30 orang (28,8%) tidak puas, dan yang sangat tidak puas sebanyak 2 orang (1,9%). Kesimpulannya adalah semakin baiknya program KIE akan berdampak pada meningkatnya kepuasan pasien. Rumah Sakit diharapkan untuk selau melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan bagi pasien dan keluarga agar kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit dapat meningkat. Kata Kunci : kepuasan, pasien, keluarga, program KIE Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:46
Last Modified: 26 Jul 2024 07:46
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item