EFEKTIFITAS TERAPI BERMAIN “WORRIED DOLL” TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DENGAN HOSPITALISASI DI RUANG ANAK RUMKITALDr. RAMELAN SURABAYA

SHANTY, KURNIAWATI (2022) EFEKTIFITAS TERAPI BERMAIN “WORRIED DOLL” TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DENGAN HOSPITALISASI DI RUANG ANAK RUMKITALDr. RAMELAN SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
SHANTY K.docx

Download (3MB)

Abstract

Terapi bermain merupakan usaha mengubah tingkah laku bermasalah, dengan menempatkan anak dalam situasi bermain.Cemas adalah suatu keadaan patologik yang ditandai oleh perasaan ketakutan disertai tanda somatic pertanda system saraf otonom yang hiperaktif. Tujuan penelitian menganalisa efektifitas terapi bermain “Worried Doll” terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah dengan hospitalisasi di Ruang AnakRumkitalDr. Ramelan Surabaya. 6 Desain penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan Non-equivalent Control Group. Populasi penelitian anak usia pra sekolah yang di rawat di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya jumlah 25 anak. Teknik sampel menggunakan Probability Sampling dengan Simple Random Samplingsejumlah 24 anak. Hasil penelitian bahwa terapi bermain worried doll efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan pada anak usia pra sekolah yang mengalami hospitalisasi. Berdasarkan hasil uji statistik wilcoxonpada kelompok intervensi didapatkan P Value0,007< 0,05, maka terdapat efektifitas terapi bermain Worried Doll terhadap tingkat kecemasan anak usia pra sekolah. Implikasi penelitian ini adalah terapi bermain boneka worried doll efektif terhadap penurunan kecemasan pada anak usia pra sekolah, sehingga terapi bermain boneka worried doll dapat diaplikasikan di Ruang Anak Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Kata Kunci : Terapi Bermain, Cemas, Anak pra sekolah di Ruang Anak Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:25
Last Modified: 31 Oct 2022 02:25
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item