HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA SISWA SMPN 1 JABON KABUPATEN SIDOARJO

ACHMAD, SYARIFUL RIZAL (2022) HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA SISWA SMPN 1 JABON KABUPATEN SIDOARJO. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
Achmad Syariful Rizal.docx

Download (2MB)

Abstract

Perilaku bullying menjadi fenomena yang banyak terjadi di berbagai aspek kehidupan termasuk di dalamnya yaitu institusi pendidikan. Perilaku bullying menjadi hal yang mempengaruhi perkembangan emosi pada siswa remaja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa hubungan bullying dengan perkembangan emosi pada siswa remaja. 6 Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan sampel sampel 246 responden. Teknik sampel menggunakan cluster sampling pada siswa remaja SMPN 1 Jabon Kabupaten. Perilaku bullying diukur dengan Adolescent Peer Relationship Instrument (APRI) dan perkembangan emosi diukur menggunakan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). uji analisa yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mendapat perlakuan bullying ringan sebanyak 83,3% dan sebagian besar siswa mengalami perkembangan emosi normal sebanyak 63%. Uji Spearman Rho menunjukkan bahwa nilai r = 0,365 dengan nilai ρ=0,000 (ρ<α=0,05) yaitu ada hubungan rendah antara bullying dengan perkembangan emosi. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku bullying pada siswa remaja. Pada penelitian ini diharapkan guru dan orang tua dapat memonitor siswa remaja lebih dalam. Hal ini menjadi salah satu cara guru dan orang tua untuk mengetahui perilaku siswa remaja. Kata kunci : Bullying, Perkembangan Emosi, Siswa Remaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:36
Last Modified: 27 Oct 2022 03:36
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item