HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERILAKU BULLYING REMAJA DI SMP KARTIKA IV – 10 SURABAYA

SINTA, AYU ARTIKA (2022) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERILAKU BULLYING REMAJA DI SMP KARTIKA IV – 10 SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
Sinta Ayu Artika 1610096.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kecanduan smartphone menyebabkan remaja memiliki perubahan perilaku interaksi sosial, salah satu faktor terburuk yaitu bullying. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeanalisis hubungan intensitas penggunaan smartphone terhadap perilaku bullying pada remaja SMP. Desain penelitian analitik korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling didapatkan 120 siswa SMP. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner, dan disebar menggunakan googleform. Data dianalisis menggunakan Uji Spearman Rho dengan kemaknaan (ρ ≤ 0,05). Hasil penelitian ini telah diuji menggunakan Spearman Rho didapatkan hasil ρ = 0,000 yang menunjukkan adanya hubungan antara intesitas penggunaan smartphone dengan perilaku bullying pada remaja SMP. Implikasi penggunaan smartphone yang berkepanjangan serta tidak memiliki batasan dapat menimbulkan hal negatif, seperti kecanduan smartphone dan perubahan perilaku remaja dalam kehidupan sehari-hari khususnya saat berinteraksi dengan teman sebayanya. Saran pada penelitian ini diharapkan untuk guru yang berada dilingkungan sekolah dapat mengawasi perilaku siswa dalam lingkungan sekolah, serta peran orang tua yang dapat memberikan contoh sebagai role model dalam rumah, sehingga perilaku siswa dapat terkontrol sesuai dengan perkembangan usianya. Kata kunci : Smartphone, bullying, Remaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:53
Last Modified: 30 Sep 2022 02:53
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item