HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PRESTASI AKADEMIK DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA MAHASISWA (USIA 19-21 TAHUN) DI STIKES HANG TUAH SURABAYA

I, MADE DEVIN SATRIYA PARAMTAPA (2022) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PRESTASI AKADEMIK DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA MAHASISWA (USIA 19-21 TAHUN) DI STIKES HANG TUAH SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
COVER (9).pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB 1 (17).pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB 2 (16).pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB 3 (16).pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB 4 (16).pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 5 (16).pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (129kB)

Abstract

Latar Belakang : Bullying merupakan bentuk-bentuk perilaku kekerasan dimana terjadi pemaksaan secara psikologis ataupun fisik terhadap seseorang atau sekelompok orang yang lebih “lemah” oleh seseorang atau sekelompok orang yang lebih “kuat”. Tindakan perilaku bullying dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan baik secara fisik dan psikososial yang bisa menyebabkan korban merasa takut, menarik diri, mempunyai problem perilaku dan prestasi akademik yang buruk. Metode : Desain penelitian menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa di STIKES Hang Tuah surabaya Tingkat 2,3 dan 4 kelas A dan B yang berjumlah 319 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 177 menggunakan Teknik sampling Probability Sampling dengan menggunakan Simple Random Sampling. Data dianalisa menggunakan Uji Korelasi SpearmenRho. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Konsep Diri dan Prestasi Akademik. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kecenderungan Perilaku Bullying. Penelitian ini menggunakan kuesioner Konsep Diri dan Kecenderungan Perilaku Bullying. Hasil Penelitian : Konsep diri di STIKES Hang Tuah Surabaya dalam kategori Cukup. Indeks Prestasi Akademik di STIKES Hang Tuah Surabaya dalam kategori Memuaskan, dan hasil uji statistik Spearman pada variabel menunjukan nilai (ρ= 0.00). Hal ini menunjukan bahwa ρ < 0.05 ada hubungan konsep diri dengan kecenderungan perilaku bullying pada mahasiswa. Sedangkan hasil uji spearman pada Variabel IPK menunjukkan hasil (p=0.48). yang menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara IPK dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. Implikasi : Implikasi penelitian ini adalah konsep diri dan IPK berhubungan dengan kecenderungan perilaku bullying, sehingga di perlukan peran psikolog dan Wali kelas untuk melakukan konseling kepada para mahasiswanya untuk meningkatkan konsep diri dan rencana pembelajaran yang sesuai juga memantau para pelaku bullying di STIKES Hang Tuah Surabaya Kata kunci : Konsep diri, IPK, Perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:47
Last Modified: 27 Sep 2022 03:47
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item