Pengaruh Penyuluhan Metode Simulasi Game Pada Kader Dalam Memberi Simulasi Kognitif Anak Stunting Di Wilayah Puskesmas Kenjeran

Arini, Diyah and Ernawati, Dwi and Saidah, Qori' ila (2020) Pengaruh Penyuluhan Metode Simulasi Game Pada Kader Dalam Memberi Simulasi Kognitif Anak Stunting Di Wilayah Puskesmas Kenjeran. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3 (1). ISSN 2614-3593

[img] Text
Turnitin Jurnal Abmasys Kudus Erna.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manuskript Abmasy Kudus.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Peer Review Kudus Erna.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/...

Abstract

Perbedaan tingkat kecerdasan pada anak stunting yang lebih rendah dibandingkan anak normal lainnya perlu mendapatkan penanganan khusus. Orang tua dan kader yang paling utama bertugas memberikan stimulasi kecerdasan kepada anak. Pemberian pendidikan kesehatan kepada keluarga dan kader yang konvensional membuat materi yang diberikan tidak dapat diterima dengan baik. Kegiatan pengabdian masyarakata ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para kader dalam memberikan stimulasi kognitif pada anak stunting di wilayah Kenjeran Surabaya. Metode kegiatan berupa pendidikan kesehatan dengan model simulation game ular tangga yang dilakukan pada tanggal 14 – 15 Desember 2019 kepada 110 kader kesehatan pada 4 Kelurahan antara lain Kelurahan Kenjeran, Kelurahan Bulak, Kelurahan Kedung Cowek, dan Kelurahan Sukolilo. Luaran berdasarkan capaian implementasi yang dilaksanakan adalah perubahan pengetahuan dan sikap kader kesehatan dan ibu wilayah pesisir yang diberikan pendidikan kesehatan dengan metode simulation game ular tangga dalam memberikan stimulasi gangguan perkembangan kognitif pada anak stunting.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Dwi Ernawati
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:49
Last Modified: 26 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item