ULVY, NURLAILY NISVA (2022) TINGKAT STRES ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 LITERATURE REVIEW. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
fix - revisi OKE YES PRINT.pdf Download (1MB) |
Abstract
Belajar di rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi COVID-19. Sejak sistem pembelajaran di rumah diberlakukan, banyak orang tua yang melakukannya mengeluhkan sistem belajar di rumah karena menambah beban mereka dalam pandemi saat ini. Beberapa kendala pembelajaran online selama pandemi diantaranya kurang tersedianya sarana dan prasarana masih banyak siswa dan orang tua yang tidak memiliki sarana dan prasarana untuk melakukan pembelajaran online seperti gadget dan koneksi internet yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stres orang tua terhadap pembelajaran online masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode literatur review. Pencarian literatur dilakukan pada bulan November 2020-Februari 2021. Pencarian literatur dalam literature review ini menggunakan database dengan kriteria kualitas tinggi dan sedang, yaitu ProQuest, Pubmed, dan Google Scholar. Berdasarkan analisis jurnal ditemukan 5 jurnal yang dapat digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan sosial akibat pandemi COVID-19 sudah dirasakan orang tua yang memiliki anak usia sekolah dan pembelajaran daring sesuai dengan kebijakan COVID-19 di Indonesia yang menyebabkan stres tingkat sedang. Implikasi pada penelitian ini adalah pekerja sosial anak dapat memberikan layanan psikososial online untuk orang tua yang mendampingi anak di rumah, seperti konseling keluarga, terapi keluarga yang dilakukan orang tua dan anak- anak dapat melakukannya, dan meningkatkan ketahanan keluarga selama COVID- 19. Kata Kunci : Stres, Pembelajaran daring, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:27 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 02:27 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/363 |
Actions (login required)
View Item |