Dyah Hardina, Putri (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN KLIEN DI RUANG URIKKES RSPAL DR. RAMELAN SURABAYA. Other thesis, Stikes Hang Tuah Surabaya.
Text
DINA DYAH HARDINA PUTRI_2111001_UJIAN-1.docx Download (15MB) |
Abstract
Kepuasan pasien dapat dimaknai sebagai serangkaian evaluasi terhadap intervensi medis pada masalah kesehatan yang dihadapi pasien. Menyinggung kepuasan pasien, maka hal ini terkait harapan atau keinginan pasien dalam menerima pelayanan medis (Siregar, 2016). Tidak jarang terjadi konflik antara perawat dengan pasien sebagai akibat tidak menerapkan komunikasi yang baik sehingga menimbulkan kekecewaan dak ketidakpuasan serta kepercayaan yang rendah dari pasien. Kemampuan perawat dalam berkomunikasi menjadi jaminan atau penentu puas tidaknya pasien dalam menerima pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan klien di Ruang Urikkes RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode observasional analitik. Variabel dalam penelitian yaitu komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien. Sampel penelitian sebanyak 67 responden yang diambil dengan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner komunikasi terapeutik dan kepuasaan. Data analisis menggunakan uji spearman rho dengan tingkat kemaknaan < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan klien di Ruang Urikes RSPAL dr. Ramelan Surabaya dengan nilai koefisien 0,244* dan p value = 0,0460 (p < 0,05). Kata kunci: Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:13 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
View Item |