HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF KELUARGA DAN PEER GROUP DENGAN KONSEP DIRI MAHASISWA STIKES HANG TUAH SURABAYA

APRILIA WIDYA PUTRI, . (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF KELUARGA DAN PEER GROUP DENGAN KONSEP DIRI MAHASISWA STIKES HANG TUAH SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
1910014_Aprilia Widya Putri_Skripsi-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi konsep diri remaja diantaranya adalah komunikasi efektif keluarga dan teman sebaya/peer group. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif keluarga dan peer group dengan konsep diri mahasiswa STIKES Hang Tuah Surabaya. Desain penelitian menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 221 responden dengan sampel penelitian 144 responden. Instrument penelitian yang digunakan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman’s Rho (α ≤ 0,005). Hasil uji statistic didapatkan komunikasi efektif keluarga dengan konsep diri = 0,034. (α ≤ 0,005). Terdapat hubungan komunikasi efektif keluarga dan konsep diri. Peer group dengan konsep diri = 0,025 . (α ≤ 0,005). Terdapat hubungan peer group dengan konsep diri. Implikasi penelitian ini sangat penting adanya komunikasi efektif keluarga yang intens diantara orang tua dan anak. Orang tua wajib memberikan pendidikan yang baik, memberikan dukungan, menghargai pilihan anak dengan tidak menghakimi nya, karena dukungan dari orang tua sangat berpengaruh membentuk konsep diri anak. Dan seorang remaja harus pintar dalam memilih lingkungan pertemanan agar tidak masuk ke dalam hal yang negatif. Kata kunci : Komunikasi efektif keluarga, konsep diri, peer group

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:55
Last Modified: 16 Jan 2024 04:55
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item