HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIPADA ANAK DI SDN MANUKAN KULON VI SURABAYA

SANGRILA DWI AYUNINGSIH, . (2022) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIPADA ANAK DI SDN MANUKAN KULON VI SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
Skripsi Sangrila Dwi Ayuningsih_1810086 print.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan emosi pada anak merupakan perilaku yang harus dibetuk dengan dasar positif. Tujuan membentuk sebuah karakter diri positif anak dengan interaksi sosial yang baik. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan interaksi sosial dengan perkembangan emosi pada anak di SDN Manukan Kulon VI Surabaya. Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi siswa di SDN Manukan Kulon VI Surabaya dalam rentang bulan Februari sampai Juli 2022. Variabel dependen yaitu interaksi sosial diukur menggunakan kuesioner IRS (Interaction ranting scale) dan variabel independen adalah perkembangan emosi diukur menggunakan kuesioner SDQ (Strengths and Difficulties Questionnair).Teknik sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 132 siswa SD. Analisa data menggunakan korelasi spearman’s rho. Hasil penelitian bahwa semakin tinggi interaksi sosial maka semakin baik perkembangan emosi. Hasil penelitian interaksi sosial 76 responden (95%) sedang dan hasil perkembangan emosi sedang 99 responden responden (75%).Uji Spearman rho menunjukkan adanya hubungan interaksi sosial dengan perkembangan emosi yaitu menunjukkan p = 0,000 (p<α = 0,05). Anak SDN Manukan Kulon VI Surabaya dapat mempertahankan interaksi sosial yang baik dengan tujuan positif perkembangan emosi anak menjadi normal. Kata kunci: interaksi sosial, perkembangan emosi, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:27
Last Modified: 16 Jan 2024 03:27
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item