DINDA, AINIYYA FEBRIYANI (2022) STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN METODE PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SMPN 36 SURABAYA. Diploma thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
SKRIPSI_Dinda Ainiyya Febriyani_1810031-1 (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Sejak pandemi Covid-19 Kebijakan sistem pembelajaran yang semula tatap muka menjadi pembelajaran online, dan sistem pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa antara metode pembelajaran jarak jauh dengan metode pembelajaran tatap muka di SMPN 36 Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif. Populasi penelitian didapatkan 328 responden dan sampel penelitian didapatkan dengan Simple Random Sampling didapatkan sebanyak 182 responden. Variabel independen adalah metode pembelajaran jarak jauh dan metode pembelajaran tatap muka. Variabel dependen adalah motivasi belajar. Instrumen kuesioner motivasi belajar siswa metode pembelajaran jarak jauh dan motivasi belajar siswa metode pembelajaran tatap muka. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa metode pembelajaran jarak jauh hampir setengah (48.4%) dalam kategori sedang dan motivasi belajar siswa metode pembelajaran tatap muka lebih dari separuh (51.1%) dalam kategori sedang, (48.9%) dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan hasil dengan nilai ρ = 0,001 (α<0,05) sehingga didapatkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara metode pembelajaran jarak jauh dengan metode pembelajaran tatap muka di SMPN 36 Surabaya. Pendukung prestasi siswa adalah motivasi belajar yang baik. Dari penelitian ini diharapkan para siswa lebih semangat dan termotivasi dalam pembelajaran daring maupun saat pembelajaran tatap muka karena ilmu dapat diperoleh dari berbagai macam pembelajaran untuk menggapai cita-cita. Begitu pula dengan guru agar lebih kreatif lagi dalam menyampaikan materi agar siswa tidak bosan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Tatap Muka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 03:58 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 03:58 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1205 |
Actions (login required)
View Item |