HUBUNGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN KESIAPAN MASUK SEKOLAH DASAR DI TK WILAYAH KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA

NADHIFATUL, ZAMMA (2022) HUBUNGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN KESIAPAN MASUK SEKOLAH DASAR DI TK WILAYAH KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA. Diploma thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
SKRIPSI NADHIFATUL ZAMMA 1810063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional merupakan kemampuan anak memiliki pengetahuan dalam mengelola dan mengekspresikan emosi secara baik dan mampu berinteraksi dengan orang di lingkungan baru. Mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar merupakan kemampuan anak mencapai tingkat perkembangan emosi, fisik, dan kognisi yang memadai sehingga anak mampu bersekolah dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan kesiapan masuk sekolah dasar di TK Wilayah Kecamatan Tegalsari Surabaya. Desain penelitian ini observasional analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan probablity sampling dengan stratified random sampling. Populasi penelitian ini orangtua yang mempunyai anak usia 5-6 tahun. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Instrumen kuisioner melalui google form. Data selanjutnya di uji menggunakan Spearman Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan sosial emosioanal anak usia 5-6 tahun sebagian besar dengan kategori risiko tinggi yaitu 58%, sedangkan kesiapan masuk sekolah dasar sebagian besar kategori baik yaitu 98%. Uji spearman rho menunjukkan adanya hubungan antara perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan kesiapan masuk sekolah dasar p = 0,008 (p < 0,05). Perkembangan sosial emosional dan kesiapan masuk sekolah dasar sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui apakah anak usia 5-6 tahun mampu memasuki sekolah dasar. Faktor yang mempengaruhi adalah faktor eksternal yaitu orangtua, anak memerlukan stimulus dari orangtua untuk berani berinteraksi dengan orang baru sehingga anak siap untuk memasuki sekolah dasar. Kata Kunci : perkembangan sosial emosional anak, kesiapan masuk sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:06
Last Modified: 04 Jul 2023 03:06
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item