ADE, SAPUTRI (2022) EFEKTIVITAS SEFT (SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE) TERHADAP REMAJA KECANDUAN GADGET DI WILAYAH KOTA (SMK PGRI 13) DAN PESISIR (SMK WACHID HASYIM) SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
Skripsi Ade Saputri 1610003 (ALHAMDULILLAH)-converted.pdf Download (2MB) |
Abstract
Gadget seringkali digunakan untuk mengakses internet, bermain game, chatting, e-mail,Instagram,Twitter serta berbagai aplikasi yang menunjang aktivitas sehari- hari remaja yang menyebabkan remaja menjadi kecanduan gadget.salah satu alternative yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dilakukannya terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Efektivitas Spiritual Emotional Freedom Technique Terhadap Remaja Kecanduan Gadget di Wilayah Kota dan Pesisir. Desain penelitian Quasy Experiment dengan rancangan pre-post test control group design. Populasi berjumlah 60 remaja dengan sampel 52. Instrument mengguakan Google Form Kecanduan Gadget dan Video terapi SEFT. teknik sampel yaitu probability sampling dengan metode Random sampling. Data Dianalisis menggunakan uji Mann Whitneyy nilai p=0,015( p < 0,05) artinya ada perbedaan yang signifikan pada kedua kelompok dan uji Wilcoxon Signed Rank Test nilai p=0,000 ( p < 0,05) artinya ada pengaruh pemberian terapi SEFT efektif untuk menurunkan kecanduan gadget pada remaja. Implikasi dari penelitian ini adalah Menurunkan kecanduan gadget pada remaja sekolah dengan terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). Sehingga di era digital ini remaja diharapkan menggunakan gadget dengan bijak. Kata Kunci : SEFT, Remaja, Kecanduan Gadget.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:41 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/624 |
Actions (login required)
View Item |