HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN REMAJA AWAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA – SISWI DI SMP NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO

HERNINDYA, DIAJENG AYU ANGGRAINI (2022) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN REMAJA AWAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA – SISWI DI SMP NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
HERNINDYA DIAJENG AYU ANGGRAINI.docx

Download (1MB)

Abstract

Bullying yang terjadi pada anak usia sekolah saat ini sangat memprihatinkan bagi dunia pendidikan. Bullying dapat menjadikan korban menjadi tidak percaya diri dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tipe kepribadian dengan perilaku bullying pada remaja. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, dipilih 235 siswa di salah satu SMP di Sidoarjo dengan cluster sampling Tipe Kepribadian diukur dengan Free MTBI Personality Test dan Adolescent Peer Relations Instrument (APRI). Kedua variabel tersebut diuji dengan uji analisis Spearmen Rho. Hasil menujukkan bahwa sebagian besar tipe kepribadian remaja dalam kategori extrovert (77,9%) sedangkan sebagian besar perilaku bullying berada pada kategori ringan (84,8%). Hasil uji Spearman Rho diperoleh nilai r = 0,401 dengan nilai ρ=0,000 (ρ<α= 0,05) artinya terdapat hubungan sedang antara tipe kepribadian remaja dengan perilaku bullying. Implikasi peneitian ini menujukkan bahwa semakin tinggi jumlah tipe kepribadian extrovert maka semakin rendah perilaku bullying siswa SMP. Diperlukan peran guru serta pihak sekolah untuk memberikan pendidikan konseling serta pengawasan pada siswa terkait kasus bullying dalam pembentukan karakter pribadi remaja yang sedang mengalami masa peralihan dan transisi yang cepat. Kata Kunci : Tipe Kepribadian, Perilaku Bullying, Remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:23
Last Modified: 30 Sep 2022 03:23
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item