PANDE, KADEK SUWASTINI (2022) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA DI STIKES HANG TUAH SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
PANDE KADEK_SKRIPSI_FIX.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sistem pembelajaran secara daring yang sudah diterapkan mulai bulan Maret 2020 menimbulkan banyak kendala yang dirasakan mahasiswa saat belajar dengan jarak jauh, seperti kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa membuat mahasiswa sulit memahami materi yang diberikan, kesulitan menanyakan materi yang belum paham dan kurangnya konsentrasi saat belajar dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan tingkat pemahaman selama pembelajaran daring pada mahasiswa di STIKES Hang Tuah Surabaya Desain penelitian cross sectional dengan teknik probality sampling pendekatan simple random sampling. Populasi sebanyak 217 mahasiswa dengan sampel berjumlah 141 mahasiswa tingkat 2 dan 3 S1 Keperawatan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data yang dilakukan dengan uji Spearmen Rho Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara tingkat stres dengan tingkat pemahaman ( =0,003) selama pembelajaran daring pada mahasiswa di STIKES Hang Tuah Surabaya Implikasi penelitian ini adalah mahasiswa dapat memanajemen tingkat stresnya dan mempunyai motivasi selama pembelajaran daring sehingga dapat meningkatkan pemahamannya. Di perlukan peran serta wali kelas untuk melakukan konseling kepada para mahasiswa nya untuk meningkatkan pemahaman selama pembelajaran daring. Kata Kunci: Tingkat Stres, Tingkat Pemahaman, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:41 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:41 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/467 |
Actions (login required)
View Item |