PENGARUH MODUL BELAJAR TENTANG MATERNAL ROLE ATTAINMENT BERBASIS INTENTION TERHADAP PENCAPAIAN PERAN IBU DALAM MENANGANI GANGGUAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA

ARUM, RIZKA NUMFITRI (2022) PENGARUH MODUL BELAJAR TENTANG MATERNAL ROLE ATTAINMENT BERBASIS INTENTION TERHADAP PENCAPAIAN PERAN IBU DALAM MENANGANI GANGGUAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
SKRIPSI ARUM RIZKA N 1710015.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pencapaian peran ibu yang kurang pada anak usia 1-3 tahun umumnya disebabkan oleh kurangnya informasi dalam memberikan kebutuhan dasar anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh modul belajar tentang maternal role attainment berbasis intention terhadap pencapaian peran ibu dalam menangani gangguan perkembangan kognitif pada anak usia 1-3 tahun di Puskesmas Kenjeran Surabaya. Desain penelitian Quay-Experiment, dengan rancangan Four group pretest- postest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 60 ibu dengan anak usia 1-3 tahun yang mengalami gangguan perkembangan kognitif dengan dibagi menjadi 4 kelompok. Instrumen yang digunakan pada variabel independent modul belajar, instrumen pada variabel dependent kuesioner pencapaian peran ibu. Analisa data menggunakan uji analisis Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh modul belajar terhadap pencapaian peran ibu pada kelompok anak stunting dan tidak stunting. Uji Wilcoxon dengan nilai p-value=0,001 untuk kedua kelompok tersebut, dan hasil uji Mann Whitney p- value=0,000 (<α=0,005). Modul belajar tentang maternal role attainment berbasis intention efektif dalam meningkatkan peran ibu yang cenderung cukup dalam melakukan peran pengasuhan. Oleh karena itu, penting untuk kader kesehatan puskesmas memperhatikan tema dalam setiap melakukan penyuluhan dan juga media yang tepat. Kata Kunci : Modul belajar, maternal role attainment, peran ibu, gangguan perkembangan kognitif, anak toddler

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:33
Last Modified: 22 Sep 2022 03:33
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item