Widyastuti, Merina (2015) PENGALAMAN PRAKTEK KLINIK MAHASISWA KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT : STUDI FENOMENOLOGI. Jurnal ilmiah Keperawatan, 9 (1). ISSN 20853742
Text
1. ARTIKEL PENGALAMAN MAHASISWA.pdf Download (207kB) |
|
Text
TURNITIN PENGALAMAN MAHASISWA DI IGD.pdf Download (3MB) |
|
Text
PEER REVIEW PENGALAMAN MAHASISWA.pdf Download (330kB) |
|
Text
2. PEER REVIEW JURNAL BU DYAS.docx Download (33kB) |
|
Text
2. PEER REVIEW JURNAL Dr SETIADI.docx Download (33kB) |
Abstract
Pembelajaran praktek klinik keperawatan di lahan praktek rumah sakit sampai saat ini masih memiliki permasalahan yang kompleks. Pembelajaran praktek klinik di intalasi gawat darurat adalah salah komponen terpenting dalam pendidikan keperawatan. Instalasi gawat darurat memiliki karakteristik ruangan unik yang dimana beban kerja cukup tinggi dan hal ini juga mempengaruhi proses pembimbingan klinik di tatanan gawat darurat. Tentu saja situasi instalasi gawat darurat yang unik ditambah dengan karakterstik pembimbing klinik yang berbeda beda membuat mahasiswa memiliki beban stressor tersendiri dalam hal proses belajar mengajar. Padahal praktek klinik merupakan waktu dimana mahasiswa akan menerapkan keilmuan yang selama ini didapatkan di kelas dan harus berhadapan dengan situasi nyata terkait penanganan pasien dalam hal ini adalah setting kegawatdaruratan. Keberadaan generasi penerus perawat yang berkualitas sangat diharapkan dan proses pengkaderan perawat baru juga berawal dari pendidikan keperawatan di lahan praktek yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap fenomena pengalaman praktek klinik mahasiswa keperawatan di instalasi gawat darurat. Pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi interpretif sesuai filosofi Heidegger digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan metode wawancara tidak terstruktur, diskripsi jurnal dan dianalisis dengan menggunakan tehnik analisa data Van Manen. Sebanyak lima mahasiswa S1 semester 6 yang menjalani praktek klinik pertama kali di intalasi gawat darurat berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian adalah diidentifikasinya satu tema inti yaitu aktualisasi diri sebagai perawat junior. Tema inti ini dibentuk dari dua tema besar yaitu tantangan penuh tekanan dan hubungan yang unik dengan perawat senior. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan bagi institusi pendidikan untuk mempersiapkan mahasiswa baik secara kognitif, afektif dan psikomotor sebelum memasuki IGD dan melakukan komunikasi yang efektif dengan pembimbing klinik di lahan praktek, Selanjutnya direkomendasikan bagi institusi lahan praktek untuk memberikan batasan yang jelas mengenai tugas dan tanggung jawab pembimbing klinik dalam proses pembimbingan mahasiswa serta mempersiapkan kondisi yang kondusif untuk meningkatkan perannya sebagai rumah sakit pendidikan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia pembimbing klinik. Kata kunci: Mahasiswa, praktek klinik , instalasi gawat darurat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 09:30 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 09:30 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/38 |
Actions (login required)
View Item |