FARIDAH, RAGIL WIJAYA (2022) HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI WILAYAH PUSKESMAS KALIRUNGKUT SURABAYA. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
SKRIPSI_FARIDAH_RAGIL_WIJAYA_BAB1-6_FIX.docx.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pola makan merupakan tingkah laku seseorang dalam memenuhi makanan yang meliputi sikap, kepercayaan, dan pilihan makanan setiap individu masing-masing. Sedangkan status gizi keadaan tubuh yang disebabkan oleh konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Ketika tubuh memperoleh gizi yang cukup dan dimanfaatkan secara efektif, maka akan muncul keadaan gizi yang baik atau keadaan gizi yang optimal. Desain penelitian ini menggunakan observational analitik dengan sampel penelitian 50 anak pra sekolah di wilayah puskesmas kalirungkut Surabaya dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kueisioner pola makan dan kueisioner. Analisa data menggunakan Uji Spearman’s Rho (p ≤0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak prasekolah berada pada kategori status gizi yang baik sebanyak 36 orang (72%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan pola makan dengan status gizi pada anak usia pra sekolah (ρ = 0,040). Status gizi ditentukan oleh kecukupan makanan dan kemampuan tubuh yang mengandung zat gizi untuk kesehatan sehingga diperlukan pola makan yang baik untuk mendapatkan status gizi yang normal. Implikasi dari penelitian ini adalah peran seorang Ibu dalam memberikan makanan dengan gizi yang cukup kepada anak dan tetap berperilaku hidup sehat supaya tumbuh kembang anak lebih baik. Kata kunci : Status Gizi, Anak Pra Sekolah, Pola Makan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:19 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 02:19 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/360 |
Actions (login required)
View Item |