SYAFA, AMBOINA PUTRI (2022) PENGARUH SEX EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN, PERCEIVED BENEFITS, DAN SELF-EFFICACY DALAM PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK USIA SEKOLAH. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
1810100-SYAFA AMBOINA PUTRI-BISMILLAH SKRIPSI (1).docx Download (18MB) |
Abstract
Kasus pelecehan seksual pada anak ibarat fenomena gunung es, karena tampak kecil dari luar, namun faktanya tersembunyi besar didalamnya. Upaya mengurangi pelecehan seksual pada anak melalui pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menngetahui pengaruh sex education terhadap pengetahuan, perceived benefits, dan self-efficacy dalam pencegahan pelecehan seksual pada anak usia sekolah. Desain Penelitian Pre-Eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sample berjumlah 45 siswa menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner. Variabel independent adalah sex education dan Variabel dependent adalah pengetahuan, perceived benefits, dan self-efficacy dalam pencegahan pelecehan seksual. Analisa data menggunakan uji wilcoxon (ρ ≤ 0,05). Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan meningkat dari median 50 menjadi 90, perceived benefits meningkat dari nilai median 37,5 menjadi 87,5, dan self-efficacy meningkat dari median 41,7 menjadi 91,67. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh sex education terhadap pengetahuan, perceived benefits, dan self-efficacy dalam pencegahan pelecehan seksual pada anak usia sekolah (ρ = 0,00). Pemberian pendidikan seks penting bagi anak usia sekolah dapat meningkatkan pengetahuan, perceived benefits, dan self-efficacy dalam pencegahan pelecehan seksual. Intervensi ini sangat penting untuk membantu meningkatkan kewaspadaan anak terhadap situasi yang mengarah pada pelecehan seksual. Kata kunci: Sex Education, Pengetahuan, Perceived Benefits, Self-Efficacy.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 06:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 06:57 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/254 |
Actions (login required)
View Item |