HUBUNGAN ADIKSI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA CEMENG BAKALAN SIDOARJO

Muhammad Fahrijal Arifudin Firmansyah, . (2023) HUBUNGAN ADIKSI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA CEMENG BAKALAN SIDOARJO. Other thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
SKRIPSI_4B_1910076_Muhammad Fahrijal Arifudin Firmansyah (Fixed) (1).doc

Download (6MB)

Abstract

Berkembangnya game online yang semakin pesat dan mudah untuk di akses bahkan di kalangan anak sekolah melalui smartphone dapat menimbulkan adiksi atau kecanduan yang perlu segera ditangani sehingga generasi muda dapat mengntrol perkembangan sosial emosionalnya . Salah satu penyebabnya adalah karena rendahnya kurangnya pengawasan orang tua maupun kesadaran individu terkait penggunaan game online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan adiksi bermain game online dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia sekolah dasar negeri di desa Cemeng Bakalan Sidoarjo. Desain penelitian menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan didapat sampel sebanyak 171 responden dengan teknik probability sampling melalui metode proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner adiksi game online menggunakan Gaming Addictional Scale (GAS), dan kuesioner perkembangan sosial emosional menggunakan Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) dan data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan siswa SDN Cemeng Bakalan 1 dan 2 Sidoarjo sebagian besar mengalami adiksi game online kategori sedang sebanyak 52,6% (90 responden), dan sebagian besar perkembangan sosial emosionalnya berada pada kategori abnormal sebanyak 91.2% (156 responden). Hasil menunjukkan terdapat hubungan adiksi bermain game online dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia sekolah (ρ = 0.001) Implikasi penelitian ini adalah meminimalisir kecanduan game online melalui pendekatan peran orang tua dan guru dalam membimbing, memantau putra-putrinya supaya tidak mempengaruhi sosial emosional anak, serta agar dapat memberikan penyuluhan mengenai penggunaan smartphone dengan bijak sehingga memungkinkan para siswa-siswi untuk mengalihkan pada kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti belajar dan mengembangkan bakat. Kata Kunci : anak usia sekolah, adiksi bermain game online, perkembangan sosial emosional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:30
Last Modified: 06 Feb 2024 02:30
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item