PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 27 SURABAYA

POMALELA, POMALELA (2023) PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 27 SURABAYA. Diploma thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.

[img] Text
Pomalela_1910085_Skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Alat komunikasi online yang menggunakan media sosial telah menciptakan arus informasi, yang dapat mengandung muatan positif maupun muatan negatif. Muatan negatif dari informasi internet berdampak pada kenakalan remaja, salah satunya adalah cyberbullying. Cyberbullying merupakan tindakan kekerasan tidak langsung melalui media sosial dengan sasaran yang ditujukan pada mental korban sehingga hal tersebut lebih menyakitkan dibandingkan dengan kekerasan yang secara langsung atau secara fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap perilaku cyberbullying pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 27 Surabaya. Desain penelitian menggunakan one groups pretest-posttest dengan pendekatan quasi eksperimen dan didapat sampel sebanyak 45 siswa SMP kelas 7 dengan teknik probability sampling melalui pendekatan stratified simple random sampling. Variabel perilaku cyberbullying diukur melalui komponen pengetahuan, sikap dan tindakan yang diukur menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Komponen pengetahuan sebelum dilakukan psikoedukasi sebagian besar baik (88,9%) sebanyak 40 siswa, komponen sikap sebagian besar tidak mendukung dan komponen tindakan rendah sebanyak 22 siswa (48,9%) dalam ambang batas atas. Hasil penelitian menunjukkan siswa SMP Negeri 27 Surabaya dalam kategori pengetahuan, sikap dan tindakan tidak mendukung cyberbullying meningkat sebanyak 45 siswa (100%). Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh pada pengetahuan setelah pemberian psikoedukasi terhadap perilaku cyberbullying (ρ = 0.046), terdapat pengaruh pada sikap dan tindakan setelah pemberian psikoedukasi terhadap perilaku cyberbullying ((ρ = 0.001). Implikasi penelitian ini adalah meminimalisir perilaku cyberbullying melalui pemberian psikoedukasi pencegahan Cyberbullying yang dapat dilakukan oleh diri sendiri (anak), orang tua dan para pihak lainnya (sekolah, lingkungan) sehingga dapat meningkatkan perilaku baik pada remaja. Kata Kunci : Psikoedukasi, remaja, pengetahuan, sikap, perilaku cyberbullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:49
Last Modified: 06 Dec 2023 03:49
URI: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item