EKA MAULIDYA, ALFINA (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE PROJECT BASED LEARNING INJEKSI SKILL TERHADAP SELF CONFIDENCE MAHASISWA TINGKAT 1 DI STIKES HANG TUAH SURABAYA. Diploma thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA.
Text
DOC-20220901-WA0019_ Download (4MB) |
Abstract
Self confidence pada mahasiswa keperawatan sangat diperlukan dalam melakukan pembelajaran dan pratikum sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat menuntut mahasiswa untuk melakukan praktikum, salah satunya dengan metode pembelajaran Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa efektivitas pembelajaran metode Project Based Learning injeksi skill tehadap self confidence mahasiswa tingkat 1 di STIKES Hang Tuah Surabaya. Desain penelitian ini yaitu Quasi-experimental dengan metode desain two group pretest posttest design. Dilaksanakan tanggal 9 – 12 Juli 2022. Populasi yang digunakan sebanyak 111 orang, dengan sampel mahasiswa tingkat 1 di STIKES Hang Tuah Surabaya menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 40 orang. Variabel independen Pembelajaran Metode Project Based Learning Injeksi Skill diukur menggunakan SOP Injeksi, Variabel dependen Self Confidence diukur menggunakan kuesioner. Data dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran metode Project Based Learning efektif dalam peningkatan self confidence mahasiwa tingkat 1 di STIKES Hang Tuah Surabaya dengan ρ-value 0,000. Metode pembelajaran Project Based Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan self confidence mahasiswa, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam memberikan proses pembelajaran yang lebih optimal. Kata Kunci : Project Based Learning, Self Confidence, Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email nadiaokhtiary@stikeshangtuah-sby.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 03:36 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 03:36 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1257 |
Actions (login required)
View Item |