CINDY, APRILIA PUSPITA SARI and Faridah, Faridah and Yoga, Kertapati and Nur, Chabibah (2022) Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Game Online dengan Perilaku Agresif Anak. Jurnal Obsesi, 6 (6). pp. 6559-6568. ISSN 2549-8959
Text
6. Artikel Game online.pdf Download (327kB) |
|
Text
2. FIX SUKET Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Game Online dengan Perilaku Agresif Anak.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perilaku agresif menjadi salah satu permasalahan yang dialami oleh anak usia sekolah dan kian meningkat, baik secara nonverbal maupun verbal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan teman sebaya dan bermain game online yang mengandung unsur kekerasan dengan perilaku agresif. Analisis penelitian mengguanakan cross-sectional dan observasi. Populasi penelitian sebanyak 224. Pengambilan sampel dengan cara teknik probability sampling dengan menggunakan proportional stratified random sampling dan diperoleh sebanyak 144 respondent. Analisis data menggunakan uji Spearmen’s Rho. Hasil penelitian didapatkan terdapat hubungan lingkungan teman sebaya dengan perilaku agresif. Tidak adan hubungan bermain game online yang mengandung unsur kekerasan dengan perilaku agresif. Siswa yang mempunyai karakteristik lingkungan teman sebaya yang baik dan intensitas bermain game online rendah akan memiliki sikap dan perilaku yang baik. Lingkungan yang buruk dan intensitas bermain game online yang tinggi dapat mempengaruhi perilaku. Penelitian ini sebagai bahan refferensi dan edukasi bagi orang tua tentang bahaya game online terhadap pembentukan sikap dan kepribadian anak di lingkungan keluarga di era kurangnya komunikasi sosial antar keluarga. Kata kunci : lingkungan teman sebaya; game online; perilaku agresif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Faridah . |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 08:58 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 08:58 |
URI: | http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/1166 |
Actions (login required)
View Item |